Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam

Pernyataan Resmi Ketum PB HMI Berita HMI Minta Stop Kriminalisasi Hary Tanoesoedibjo Diplintir, SHARE !

Sebarkan! Delapan Poin Sikap PB HMI Terkait Pembantaian Muslim Rohingya

Hampir 400 orang tewas dalam pertempuran yang telah mengguncang barat laut Myanmar selama seminggu terakhir. Jumlah itu adalah data resmi terbaru. Peristiwa ini mungkin merupakan tindak kekerasan paling mematikan yang menelan korban minoritas Muslim Rohingya di negara tersebut dalam beberapa dasawarsa.

Seperti kita ketahui, pembantaian besar-besaran dan sistematis terhadap warga minoritas muslim Rohingya dengan cara dibunuh, dan disiksa fisik serta mentalnya tengah terjadi di Rakhine, Myanmar benar-benar terjadi. Bahkan penerima peraih nobel perdamaian, Aung San Suu Kyi dibawah kepemimpinannya, para militer membakar desa, mengusir dan membunuh muslim Rohingya dengan dalih memberantas terorisme. Namun pada kenyataannya, yang kita saksikan saat ini telah terjadi di lapangan masyarakat sipil termasuk perempuan dan anak bahkan bayi dibantai tanpa ampun.

Kami Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) menyatakan sikap:


  1. Mengutuk tindak kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh bhiksu Budha dan aparat keamanan Myanmar terhadap etnis rohingya.
  2. Mendesak Pemerintah untuk menekan Pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan tindak kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh bhiksu Budha dan aparat keamanan Myanmar.
  3. Jika dalam tempo 3 x 24 jam Pemerintah Myanmar tidak menghentikan tindak kejahatan tersebut maka kami mendesak Pemerintah Indonesia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Myanmar dan mengusir duta besar Myanmar untuk Indonesia.
  4. Mendesak dewan keamanan PBB untuk segera mengirimkan Pasukan kemanusiaan guna melakukan penyelamatan etnis rohingya, mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan PBB serta memberikan embargo terhadap Myanmar.
  5. Mendesak ASEAN untuk menekan Pemerintah Myanmar agar menghentikan tidak kejahatan dan mengeluarkan Myanmar dari keanggotaan ASEAN.
  6. Meminta Pemerintah Indonesia untuk menyediakan lahan untuk penampungan sementara etnis rohingya.
  7. Menyerukan seluruh masyarakat Budha Indonesia untuk tidak takut, dan ummat muslim Indonesia untuk tidak terprovokasi. Kita tunjukkan bahwa Islam adalah agama rahmatan lil alamin.
  8. Menyerukan kepada seluruh BADKO, cabang dan komisariat untuk menggelar aksi simpatik dan penggalangan dana untuk saudara kita di Myanmar.

Mulyadi P Tamsir (Ketua Umum PB HMI)

Ami Jaya (Sekjen PB HMI)

1 Response

Leave a Reply

seventeen − seven =