Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam

Milad Ke 51 Tahun, Kohati Gelar Beberapa Rangkaian Kegiatan

Milad Ke 51 Tahun, Kohati Gelar Beberapa Rangkaian Kegiatan

Jakarta, minggu 17 September 2017 Korps HMI-Wati Pengurus Besar (Kohati PB) merayakan ulang tahun nya yang ke 51. Umur yang bukan muda lagi bagi organisasi perempuan mahasiswa terbesar di Indonesia ini. Adapun rangkaian milad puncaknya akan di adakan pada tanggal 30 September 2017.

Dimulai dengan ziarah ke Makam Pahlawan di Kalibata dan Tanah kusir pada pukul 10.00-14.00 wib, yang di ikuti oleh 50 anggota kader HMI wati dan HMIwan. Acara ini bertujuan untuk mengunjungi dan menziarahi makam-makam para pahlawan yang telah berkontribusi banyak terhadap negara dan agama serta perkembangan HMI itu sendiri, karena ada diantara nya adalah makam alumni pendiri Kohati yaitu Anniswati Rohlan.

Selesai daripada itu, pada pukul 19.00 s.d 22.00 wib dilanjutkan dengan Dialog dan Refleksi yang bertema Milad ke 51 tahun Kohati untuk Indonesia yang Berkemanusiaan, Berkeadilan dan Berkeadaban.


Dialog ini menghadirkan 2 pemateri handal yaitu Prof. Dr. H. R. Siti Zuhro, MA dan Chusnul Mar’iyah, Ph.D. Turut hadir bersama juga Sekretaris Umum Nayla Fitria, dan peserta sebanyak kurang lebih 40 peserta baik dari pengurus KOHATI PB HMI, Pengurus PB HMI, Pengurus KOHATI Badko Jabodetabeka Banten, dan pengurus kohati cabang se Jakarta.

Dalam materinya, Prof. Dr. H. R. Siti Zuhro, MA membahas tentang “Pancasila dalam Milad KOHATI”. Menurutnya beberapa persoalan bangsa ini seperti korupsi, kesenjangan ekonomi, merosotnya kewibawaan negara, melemahnya sendi perekonomian nasional, intoleransi dan krisis kepribadian bangsa, kebebasan berpendapat yang tidak terukur, dan menurunnya etos kerja dan budaya gotong royong. Solusinya adalah kembali ke Pancasila dan mengaktualisasikannya ke dalam pemahaman dan tindakan, karena Pancasila memiliki akar sejarah yang kuat, khas dan unik yang membedakannya dengan ideologi-ideologi bangsa lain, tuturnya.

Dalam segmen yang di Moderatori oleh Maria Fifi Yanti (Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Organisasi) Kohati PB HMI Ibu Chusnul Mar’iyah, Ph. D. mengemukakan tentang situasi perpolitikan negara saat ini. Dan bagaiman KOHATI dapat mengambil peran serta dalam memproduksi kader kader KOHATI yang cerdas yang mampu menjadi pemimpin baik di nasional dan international melalui jenjang-jenjang akademik dan  intelektualitas yang teruji.

Selain itu, turut hadir juga memeriahkan acara dialog yaitu Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam PB HMI Mulyadi P. Tamsir yang juga memberikan sambutannya. Kedepan kita harapkan Kohati bisa terus bergerak bersama-sama dengan HMI dalam menyuarakan isu-isu kemanusiaan sehingga berkeadilan dan berkeadaban akan tercipta dengan sendirinya.

Melalui ketua Umumnya Farihatin, kepada media menyatakan, rangkaian milad pada tahun ini akan ada beberapa agenda yakni Workshop Kepemimpinan Perempuan Muslimah dan malam puncak nantinya akan diisi dengan Panggung Kemanusiaan di  taman Tugu Proklamasi nantinya pada malam puncak pungkasnya.

 

Leave a Reply

five × 3 =