Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam

PB HMI Dorong Telkomsel Perbaiki Layanan Dan Pemerataan Infrastruktur

PB-HMI-Baru-baru ini terjadi peretasan situs oleh oknum tidak dikenal. Peretasan situs ini menjadi viral di akun-akun media sosial sebab situs tersebut adalah milik PT. TELKOMSEL INDONESIA. Dalam laman tersebut sang peretas menuliskan keluhan dan keinginan dengan kalimat yang memang kurang pantas.

“Pegimane bangsa Endonesia mau maju kalo interner aje mahal”. Kutipan ini merupakan penggalan kalimat yang ditulis oleh sang peretas dalam laman resmi Telkomsel.

Ketua Bidang Infokom PB HMI, Firdaus Djalal menyampaikan saran dan pendapatnya atas kejadian peretasan situ Telkomsel.
“Momentum ini harus dijadikan sebagai ruang untuk mengevaluasi terhadap semua layanan dan infrastruktur yang diluncurkan oleh Telkomsel di seluruh Indonesia” Ujar Firdaus.


menurut Daus, diretasnya situs Telkomsel oleh hacker merupakan bentuk protes pengguna layanan internet terhadap perusahaan milik negara, karena dianggap terlalu mengedepankan aspek bisnis dibandingkan untuk dimanfaatkan dalam mendorong agenda pembangunan bangsa. Ini merupakan sebuah tamparan keras bagi pemerintah untuk terus membenahi layanan publik yang berbasis internet.

“Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap kemudahan akses internet di Indonesia harus mampu diterjemahkan oleh telkomsel sebagai peluang baru yang tidak hanya berorientasi pada peluang bisnis melainkan harus difokuskan dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa” Lanjutnya.

Daus juga mengatakan bahwa  masih variatifnya tarif kuota dan belum meratanya pembangunan infrastruktur telekomunikasi menjadi keluhan masyarakat, sehingga tarif di sangat variatif sesua dengan zona wilayah dan ketersediaan infrastruktur Telekomunikasi.

“Khususnya daerah wilayah Indonesia Timur masih terbatas dalam mengakses informasi yang berbasis Internet karena minimnya Infrastruktur Telekomunikasi Kondisi ini tentunya akan menghambat masyarakat dalam memanfaatkan layanan internet untuk kepentingan membangun bangsa”. Ujarnya lagi.
Memurutnya lagi, banyak program yang diluncurkan pemerintah berbasis pada layanan Internet namun banyak juga daerah atau wilayah yang belum bisa memanfaatkan program tersebut karena minimnya ketersediaan infrastruktur pendukung.

“Dari itu kami berharap pemerintah khusunya perusahaan Telkomsel untuk dapat : 1. memperbaiki layanan dan tarif yang murah untuk seluruh masyarakat Indonesia. 2. Meningkatkan pemerataan pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi diseluruh Wilayah Indonesia. 3. Memperketat Security System Telekomunikasi di Indonesia”. ulas daus saat dimintai pendapatnya (hos)

Leave a Reply

two × 3 =